Sukses

De Boer Bicara Peluang Belanda Juara Piala Dunia

"Chile dan Spanyol bisa menjadi favorit. Chile bisa membuat kejutan. Sedangkan Spanyol, Anda tahu kekuatan mereka," Frank De Boer.

Liputan6.com, Jakarta: Pelatih Ajax Amsterdam, Frank de Boer menyadari betul Timnas Belanda berada di grup "Neraka". Mantan pemain Die Oranje di era 1990-an itu memprediksi, banyak kejutan di grup B.

Dari hasil undian Piala Dunia grup B, Tim Oranye bergabung dengan juara bertahan Spanyol, Chile dan Australia. Chile dan Tim Matador, menurut De Boer, berpotensi menjegal langkah Belanda lolos dari fase grup.

"Kami harus tampil di puncak performa untuk melanjutkan langkah ke babak berikutnya karena bergabung di grup berat. Chile dan Spanyol bisa menjadi favorit. Chile bisa membuat kejutan. Sedangkan Spanyol, Anda tahu  kekuatan mereka," ujar De Boer di SUGBK.

Dengan materi pemain senior dan junior di skuat Belanda, De Boer percaya pelatih Louis Van Gaal mampu meracik tim juara. Pelatih yang sempat merumput di Barcelona itu tidak menyangkal, absennya beberapa pemain penting Belanda karena cedera bakal mempengaruhi permainan tim. Terlebih kekuatan Belanda saat ini dihuni pemain muda.

Pemain Belanda yang absen di Piala adalah Kevin Strootman. Gelandang AS Roma itu terpaksa ditinggal dari skuat karena cedera ligamen lutut."Semoga pelatih (Van Gaal) mendapat keajaiban untuk membawa tim menembus fase knock-out," kata De Boer.

Terkait peluang juara Piala Dunia, De Boer meramalkan Brasil menjadi kandidat terkuat. Di mata saudara kandung Ronald De Boer itu, Brasil tampil percaya diri usai merebut Piala Konfederasi tahun lalu.

"Brasil favorit juara. Berstatus sebagai tuan rumah tentu akan menimbulkan keuntungan sendiri buat mereka.Persiapan mereka juga semakin matang setelah Piala Konfederasi 2013," tutur pelatih 43 tahun itu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.